Thursday, January 10, 2013

Bersahabat dengan Keheningan - Pengantar Meditasi

Bagi saya, meditasi itu seperti seni berkomunikasi. Komunikasi antara batin dan tubuh. Karena kondisi setiap orang adalah unik dan berbeda, maka kadang suatu metode yang dipakai oleh seseorang belum tentu tepat untuk orang yang lain. Namun secara prinsip metode itu relatif sama bagi saya, hanya teknisnya saja yang menyesuaikan keadaan.
Seperti ketika kita akan berkenalan dengan seseorang, pada prinsipnya kita akan menyebutkan nama kita dan menanyakan nama orang yang ingin kita kenal namun secara teknis bagaimanakah cara kita mengatakan dan menyampaikan itu semua akan sangat tergantung dengan kondisi dan keadaan orang yang berkenalan. Namun sebelumnya saya sarankan untuk memahami dulu pengertian meditasi dalam konteks pemahaman saya agar anda tidak bingung dengan istilah meditasi dengan membaca artikel Meditasi - Sebuah Pengantar Pemahaman

Sebenarnya saya lebih senang menggunakan istilah hening daripada meditasi kepada seorang yang benar-benar belum pernah melakukan aktivitas ini sebelumnya, karena istilah meditasi kadang membuat sesuatu yang seharusnya dipahami secara sederhana menjadi rumit. Selanjutnya pemahaman itu akan berkembang seiring dengan semakin akrabnya anda dengan keheningan itu sendiri. Saya sarankan untuk menggunakan pakaian yang cukup nyaman untuk digunakan, flexibel dan tidak terlalu ketat terutama di bagian perut dan dada namun tetap rapi. Idealnya, aktivitas ini tidak anda lakukan dalam kondisi kenyang (setelah makan). 


Yang pertama perlu diperhatikan adalah carilah tempat yang cukup nyaman untuk anda, minim gangguan suara dan tidak menjadi tempat lalu lalang. Untuk permulaan anda bisa melakukannya dengan duduk di atas kursi, bersila, ataupun bersimpuh. Pilih yang paling nyaman untuk anda lakukan namun jangan dengan posisi tidur. Atur posisi agar punggung tetap tegak sedangkan leher, bahu, dan lengan tetap rileks. Untuk posisi tangan saya sarankan diletakkan di atas paha, agar lengan tidak tegang. Tahap pertama ini adalah untuk menemukan posisi dan postur yang paling nyaman bagi anda, sehingga dapat meminimalisir gangguan fisik ketika anda mulai menjalankan aktivitas hening tersebut. Setelah anda menemukan posisi dan postur yang nyaman, anda sudah bisa mulai masuk dalam keheningan.    

Untuk sesi pertama saya sarankan anda menggunakan durasi 5 menit, nada pengingatnya bisa menggunakan HP atau perangkat yang lain. Jika anda menggunakan HP pilih nada pengingat yang lembut, agar anda tidak terkejut ketika alarm berbunyi. Pejamkan mata anda dan fokuskan perhatian anda pada nafas yang keluar dan masuk melalui hidung. Bernafaslah secara alami, katupkan mulut agar anda bisa menjaga nafas tetap melalui hidung saja. Jaga ritme nafas anda tetap teratur dan alami. Nafas yang alami dan teratur akan membantu anda dalam mencapai relaksasi. Tetap jaga kesadaran dan fokus pada nafas. Punggung tetap tegak, jika mulai condong ke depan atau kebelakang segera tegakkan lagi. Biasanya pada percobaan yang pertama, banyak kendala yang dihadapi oleh pemula; mulai dari ketidaknyamanan pada punggung yang harus tetap tegak, godaan untuk membuka mata sebelum alarm berbunyi, kehilangan fokus pada nafas atau nafas mendadak berhenti dan menjadi tidak teratur, pikiran-pikiran yang keluar dan lalu lalang, ngantuk atau tertidur, dan lain-lain. Saran saya, tetaplah BERTAHAN. Bertahan dengan fokus, bertahan dengan posisi dan postur, dan bertahan dengan waktu yang telah anda tentukan.

Pada percobaan pertama amat sangat jarang ada yang langsung berhasil, saya sendiri harus melewati beberapa kali dan hari untuk bisa mulai menikmati aktivitas tersebut. Jika anda masih belum berhasil ulangi lagi. Berikan jeda yang secukupnya apabila anda ingin langsung mengulanginya.

Tujuan dari tahapan ini adalah beradaptasi dengan keheningan dan menikmati keheningan itu. Apakah indikasi jika anda sudah beradaptasi dan nyaman dengan keheningan? Ketika kendala-kendala yang anda hadapi pelan-pelan mulai hilang dan anda mulai menikmati keheningan tanpa berpikir kapan akan berakhir. Jika dalam lima menit anda sudah bisa melaluinya, anda bisa meningkatkan durasinya menjadi 10 menit, 15 menit, hingga satu jam.

Ada banyak versi, metode, dan cara untuk mulai melakukan meditasi. Bagi saya tidak ada metode yang paling tepat, karena pengalaman tersebut sangat subjektif tergantung pada kondisi yang melakukannya. Apa yang saya bagikan adalah apa yang sudah saya lakukan dan saya ajarkan kepada rekan-rekan saya yang ingin belajar bermeditasi. Sejauh ini metode ini cukup berhasil untuk membantu mereka yang ingin mencoba menikmati keheningan dengan bermeditasi. Apakah metode ini tepat untuk anda? Silahkan dicoba sendiri. Semoga membantu.



Salam,



4 comments:

  1. dulu pernah mengungkapkan bahwa saat hening adalah kebutuhan seperti makan & minum, sekarang pemahamanku bergeser.. saat hening adalah bagian dari diri kita, di kedalaman hening tersebut kita berjumpa dengan diri kita yang sejati

    numpanh forward ke teman2 yang berniat menjalankan meditasi, panduannya sederhana namun lengkap :)

    ReplyDelete
  2. Saya lebih suka mengatakannya sebagai penyempurnaan. Apa yang saya pahami saat ini bisa saja berubah di masa yang akan datang, mungkin dianggap plin-plan tapi bagi saya itu pemurnian menuju penyempurnaan :)

    ReplyDelete
  3. salam..... saya termasuk orang yang baru dalm hal ni mohon petunjuk dan berbagi pengalaman nya ?
    pas malm hari saya susah tidur dan posisi tidur pun ber ubah ubah karena pas mau tidur antara sadar dan tidur aku merasa hening dan ada rasa takut lalu aku kembali membuka mata dan mengganti posisi tidur ku lagi. dengan keseringan nya aku pun tertidur tp seolah aku sadar dan rasa takut pun masaih ada dan membiar kan rasa takut itu. yang ku rasakan pada saat tidur aku pun sadar penuh wahwa aku tak tidur tp pada saat itu aku bermimpi tapi aku pun sadar aku sedang tidur. apakah itu yang d sebut keheningan ? mohon pencerahan nya?? terimakasih

    ReplyDelete
  4. salam, saudara....

    Hening yang saya maksud di sini bukan sekedar hening dalam arti suasanya yang sunyi senyap, tapi lebih pada keheningan internal (dalam diri) dengan meredakan sejenak 'kegaduhan' hati dan pikiran.
    Salah satu bentuk kegaduhan hati dan pikiran itu antara lain kecemasan, ketakutan, khawatir, dll yang kadang kita tidak tahu (baca:sadar) mengapa dan darimana datangnya.
    Saran saya, cobalah untuk berdoa dulu sebelum tidur, atau jika mau cobalah untuk melakukan meditasi seperti di atas untuk lebih tenang.

    Salam...

    ReplyDelete